Kamis, 18 April 2013

Pemeriksaan Cairan Tubuh 1



KIMIA KLINIK DASAR




TUGAS INDIVIDU

ANALISIS CAIRAN TUBUH







Nama                    :  ROBBY PRAMA YUDHA

Stambuk               :  150 2010 182

Kelas                    :   L.2

Dosen                   :  NURMAYA EFFENDI S.Si, M.Sc, Apt




UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA

FAKULTAS FARMASI

MAKASSAR

2013



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 



BAB I

PENDAHULUAN

Analisis cairan tubuh merupakan sumber informasi untuk diagnosa medis saat ini, karena dalam banyak kasus pasien yang didiagnosis dengan data dari tes ini, dengan darah dan urin yang paling banyak digunakan.
Tes darah: manusia memiliki antara lima dan enam liter darah. Di dalamnya, ada jutaan sel darah merah, sel darah putih, platelet dan sel-sel lain yang berjalan melalui jaringan km lebih dari 100.000 mencakup darah. Tujuan utama dari darah, cairan penting, adalah untuk mengangkut oksigen ke sel-sel, membuktikan adanya cedera dan serangan agen-agen asing memunculkan ancaman patogenik. Ketika darah laboratorium pengujian nilai-nilai yang diubah atau standar yang berbeda, Anda dapat menjadi sumber infeksi, anemia, keracunan, reaksi alergi dan bahkan kanker.
Urin analisis: tubuh manusia mampu memproduksi sekitar 2 liter urin sehari. Ini metabolit urin mengusir racun bagi tubuh disaring oleh ginjal, mineral dan puing-puing selular. Inilah sebabnya mengapa tes urine diperlukan untuk pengamatan perubahan metabolik, terutama jika hati, ginjal dan rute pipis bekerja dengan baik dan tidak mendapatkan infeksi, keracunan, atau patologi berat lainnya.
Analisis Air liur: Percaya atau tidak, menghasilkan satu sampai dua liter air liur hari melalui kelenjar ludah. Saliva mengandung enzim, mineral, hormon dan bahkan sel-sel dari sistem kekebalan tubuh. Tes air liur tidak sama dengan dahak. Untuk melakukan hal ini biasanya memerlukan permen diadaptasi untuk mendeteksi infeksi bakteri di mulut, keracunan logam berat, status hormonal atau kurangnya pertahanan. Dalam kedokteran gigi, digunakan untuk menentukan apakah pasien rentan terhadap kerusakan gigi.
Analisis feses: Makanan sisa yang tidak dicerna, potongan mukosa usus dengan cairan usus sel-sel mati dengan enzim, mineral dan hasil empedu pada tinja. Tes ini adalah standar untuk mendiagnosis infeksi yang disebabkan oleh parasit, bakteri, virus dan jamur. Juga mendeteksi adanya disfungsi organ akut, penyakit pencernaan dan kanker.
Analisis dahak: Tidak seperti air liur, dahak adalah untuk mengumpulkan sampel lendir dari paru-paru. Batuk adalah mekanisme dengan mana kita dapat memperoleh sampel yang akan dikumpulkan dalam wadah yang sesuai dan dianalisa untuk menentukan infeksi seperti bronkitis, pneumonia atau tuberkulosis.
Jus analisis lambung: Mereka tidak ludah atau dahak saat mereka berasal langsung dari perut dan mukosa adalah campuran asam, enzim, garam dan mineral terlarut yang berfungsi untuk memecah makanan tertelan dan pada gilirannya menghilangkan bakteri dan patogen di dalamnya. Mereka hanya dapat diperoleh melalui selang yang dimasukkan melalui mulut atau hidung dan masuk langsung ke perut.
Semen Analisis: Digunakan untuk analisis kualitas sperma pada kasus infertilitas laki-laki dan testis untuk deteksi Penyakit, prostat dan vesikula seminalis.
Cairan serebrospinal Analisis: Beberapa penyakit penting yang mempengaruhi saraf central system hanya dapat didiagnosis melalui cairan. Sampel diperoleh melalui pungsi lumbal dengan jarum dan Anda perlu protokol untuk total aseptis untuk pengadaan. Ini adalah cairan bening dan tidak berwarna di sekitar otak seolah-olah tenggelam, dalam rangka untuk menyerap guncangan, getaran dan melindunginya dari tekanan. Perubahan warna dalam cairan atau adanya protein, sel yang terinfeksi bakteri, virus atau jamur, dan bahkan gula dapat membantu secara akurat mendiagnosis penyakit pada sistem saraf.
Analisis Bone Marrow: Sel-sel darah merah dan trombosit berasal dari sumsum tulang. Analisis ini dilakukan melalui anestesi lokal dan biopsi jarum di sternum. Mikroskop biasanya terlihat kemajuan atau kematangan sel-sel yang diproduksi dan kuantitas yang dihasilkan. Hal ini dilakukan bila ada kecurigaan keracunan, diubah sistem kanker, kekebalan tubuh atau obat yang mempengaruhi produksi darah.




BAB II
PEMBAHASAN

A.       PLASMA DAN SERUM
Plasma darah adalah cairan yang mengandung sel-sel darah. Di dalam plasma darah terlarut berbagai macam zat antara lain zat makanan, protein, zat sekresi dan gas (O2, CO2, dan N2). Plasma darah mengandung serum yang berfungsi sebagai tempat pembentukan antibodi. Selain darah, cairan tubuh yang lain adalah limfe. Cairan limfe terbentuk dari air, glukosa, lemak, dan garam. Limfe berfungsi sebagai alat pengangkut cairan dan protein, emulsi lemak, dan penghasil antibodi. Komponen seluler limfe terdiri dari limfosit dan granulosit. 55% dari jumlah/volume darah merupakan plasma darah. Volume plasma darah terdiri dari 90% berupa air dan 10% berupa larutan protein, glukosa, faktor koagulasi, ion mineral, hormon dan karbon dioksida. Plasma darah juga merupakan medium pada proses ekskresi.
Plasma darah merupakan bagian cair yang berwarna kekuningan, terdiri atas:
1) hampir 90% air yang di dalamnya terlarut berbagai macam zat, sari makanan, garam mineral, hormon, enzim, protein, dan zat sisa metabolisme;
2) garam-garam mineral, misalnya NaCl, KCl dan garam-garam fosfat. Adanya garam menyebabkan tekanan darah dalam pembuluh darah kapiler lebih besar daripada tekanan darah dalam jaringan sehingga darah yang terdapat di dalam pembuluh kapiler dapat masuk dalam jaringan. Sebaliknya tekanan darah dalam jaringan lebih besar daripada tekanan darah pada vena sehingga darah dari jaringan dapat masuk ke vena. Hal ini menyebabkan adanya keseimbangan pada tekanan darah;
3) protein plasma. Protein tidak hanya terdapat pada sel-sel darah, tetapi juga pada plasma darah yang terdiri atas:
·         globulin berfungsi untuk membentuk zat antibodi dan protrombin;
·         fibrinogen berfungsi dalam proses pembelahan
·         albumin berfungsi untuk menjaga tekanan osmotik darah, yaitu dengan adanya albumindidalam plasma maka tekanan osmotik di dalam sel darah dengan plasma darah kira-kira sama sehingga cairan plasma tidak dapat ke dalam sel darah
·         serum plasma darah yang tidak mengandung fibrinogen dan berisi antibody,
·         antitoksin, berfungsi menetralkan racun,
·         opisimin berfungsi memacu sifat fagosit pada leukosit.
Tabel  Komposisi Plasma Darah
Kandungan Plasma Darah
Fungsi
Air
Pelarut zat-zat lain
Protein
a. Albumin
Mempertahankan keseimbangan air pada darah dan jaringan; mengatur volume darah

b. Globulin (alfa, beta, gama)
Membantu transportasi lemak, vitamin, dan hormon; pertahanan tubuh (antibodi)
c. Protein penggumpal darah (fibrinogen dan protrombin)
Berperan dalam proses penggumpalan Darah
Garam-garam (ion-ion), seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, klorida, dan bikarbonat.
Penyeimbang tekanan osmosis, mempertahankan pH (buffer), fungsi saraf dan otot, dan mengatur permeabilitas membran sel
Nutrien, seperti glukosa, asam amino, dan asam lemah
Digunakan oleh sel, makanan cadangan, atau diuraikan
Hormon
Memengaruhi aktivitas organ yang Dituju
Karbon dioksida
Hasil respirasi sel yang dibawa ke paru-paru untuk dibuang
Sampah nitrogen
Hasil metabolisme yang akan diekskresikan oleh ginjal
Sumber: Human Body, 2002
Plasma darah dapat dipisahkan di dalam sebuah tuba berisi darah segar yang telah dibubuhi zat anti-koagulan yang kemudian diputar sentrifugal sampai sel darah merah jatuh ke dasar tuba, sel darah putih akan berada di atasnya dan membentuk lapisan buffy coat, plasma darah berada di atas lapisan tersebut dengan kepadatan sekitar 1025 kg/m3, or 1.025 kg/l.
Serum darah adalah plasma tanpa fibrinogen, sel dan faktor koagulasi lainnya. Fibrinogen menempati 4% alokasi protein dalam plasma dan merupakan faktor penting dalam proses pembekuan darah. Plasmapheresis adalah jenis terapi medis yang menyuling (extraction) plasma darah keluar dari kumpulan partikelnya untuk diolah lebih lanjut dan memasukkan kembali plasma darah tersebut pada akhir terapi.
B.     CAIRAN SEREBROSPINAL

Cairan serebrospinal adalah cairan yang berada diotak dan sterna serta ruang subrachnoid yang mengelilingi otak dan medulla spinalis. Cairan serebrospinal mempunyai tekanan yang konstan, dan seluruh ruangan berhubungan satu sama lain.
Letak cairan serebrospinal
Secara anatomis, cairan serebrospinal ditemukan dalam ruang-ruang otak (ventrikel otak), yaitu pada:
a.          Ruang subarakhnoid
b.         Ventrikel otak
c.          Kanal sentralis medula spinalis.
Cairan ini dihasilkan oleh pleksus khoroid yang terdapat pada atap ventrikel ketiga dan ke empat dan pada dinding medial ventrikel lateral. Cairan serebrospinal dihasilkan secara aktif dan dalam keadaan normal diimbangi oleh absorbsi kembali ke dalam darah.
Aliran cairan serebrospinal
Aliran cairan serebrospinal adalah sebagai berikut: dari ventrikel lateral cairan serebrospinal mengalir ke ventrikel III dan disini jumlah cairan serebrospinal akan bertambah lebih banyak.Dari ventrikel III cairan serebrospinal mengalir melalui akuaduktus Sylvii ke dalam ventrikel IV yang juga menghasilkan cairan serebrospinal. Cairan serebrospinal kemudian keluar melaluiforamen Magendie dan Luschka masuk ke dalam ruang subarakhnoid. Di ruang subarakhnoid serebrospinal mengalir ke dalam sinus venosus kranial melalui vili arakhnoidyang merupakan berkas pia arakhnoid yang menembus duramater untuk kemudian terletak dalam sinus venosus kranial dan kebawah di sekitar medula spinalis.
Apabila salah satu foramen ventrikel otak mengalami penyumbatan maka cairan serebro-spinalnya akan terus bertambah, akibatnya ventrikel otak membesar karena tekanan cairan serebrospinal. Pembesaran ventrikel otak akan menekan unsur-unsur saraf di sekitar ventrikel. Akibatnya fungsi otak terganggu. Bila hal ini terjadi pada bayi baru lahir (neonatus), maka kepala bayi tersebut menjadi sangat besar. Keadaaan patologis ini disebut hidrosefalus.

Fungsi cairan serebrospinal
Fungsi utama dari cairan serebrospinal ini adalah melindungi sistem saraf pusat dari trauma (tekanan/benturan) dari luar dan mempertahankan lingkungan cairan sesuai untuk otak serta memberi perlindungan terhadap benturan ringan dan luka mekanik lainnya (sebagai bumper/penyangga).
Dalam penampakannya, cairan serebrospinal seperti mengapungkan otak dalam air, sehingga menjadikan otak tetap stabil pada tempatnya walaupun ada benturan dari luar.
C.    URINE
Urinalisis adalah analisa fisik, kimia dan mikroskopik terhadap urine. uji urine rutin di lakukan pertama pertama kali pada tahun 1821. Sampai saat ini, urine diperiksa secara manual terhadap berbagai kandungannya, tetapi saat ini digunakan berbagai strip reagen untuk melakukan skrining kimia dengan cepat.
Urinalisis berguna untuk mendiagnosa penyakit ginjal atau infeksi saluran kemih, dan untuk mendeteksi adanya penyakit metabolik yang tidak berhubungan dengan ginjal. Berbagai uji urinealisis rutin dilakukan seperti warna, tampilan dan bau urine diperiksa, serta pH, protein, keton, glukosa dan bilirubin diperiksa secara strip reagen. Berat jenis diukur dengan urineometer, dan pemeriksaan mikroskopik sedimen urine dilakukan untuk mendeteksi eritrosit, leukosit,epitel,Kristal dan bakteri.


D. PEMERIKSAAN
Pemeriksaan laboratorium yang berdasarkan pada reaksi kimia dapat digunakan darah, urin atau cairan tubuh lain. Terdapat banyak pemeriksaan kimia darah di dalam laboratorium klinik antara lain uji fungsi hati, otot jantung, ginjal, lemak darah, gula darah, fungsi pankreas, elektrolit dan dapat pula dipakai beberapa uji kimia.
a.      Sampel plasma dan serum

Persiapan:

Sebelum sampel darah diambil pasien tidak boleh makan/minum apapun kecuali air putih. Sampel darah yang akan diambil, tergantung jumlah/jenis pemeriksaan  laboratorium yang akan dilakukan. Untuk pemeriksaan medical check-up rutin, biasanya petugas akan mengambil maksimal 10 cc darah pasien. Namun, jika pemeriksaan yang lebih sederhana, mungkin darah yang diambil, kurang dari jumlah di atas.

Pengujian:

-          serum glutamic oxaloacetate transaminase (SGOT)

Mekanisme: GOT akan mengkatalisis konversi bagian nitrogen asam amino menjadi energi. GOT ditemukan dalam sitoplasma dan mitokondria sel hati, jantung, otot skelet, ginjal, pankreas, dan eritrosit. Pada kerusakan sel-sel tersebut di atas, GOT dalam serum meninggi.kadar normal: 6-30 µ/l.

-         serum glutamic pyruvate transaminase (SGPT)
Mekansime: GPT mengkatalisis kelompok asam amino dalam siklus Krebs untuk menghasilkan energi dijaringan.  GPT terdapat di sitoplasma sel hati, jantung, dan otot skelet.  Pada kerusakan sel hati GPT meninggi di dalam serum hingga merupakan indikator kerusakan sel hati. Kadar normal: 7-32 µ/l.

-         alkaline phosphatase (ALP)
ALP terdapat di hati, tulang, ginjal, usus, dan plasenta. Pada orang dewasa kadar tinggi terutama dihati, tulang, usus, dan plasenta. Dan pada waktu trimester kehamilan. Kadar normal: < 240 µ/l.
b.   Sampel urin

Persiapan :
-          Puasa dan menghentikan obat-obatan (Puasa diperlukan untuk pemeriksaan laboratorium  tertentu seperti: asam urat, glukosa puasa dan lipid profil (termasuk lipid profil : total kolesterol, trigliserida, LDL-kolesterol, HDL-kolesterol, lipoprotein))
-          Puasa yang benar dianjurkan lamanya 10-12 jam. Selama puasa dilarang mengonsumsi makan/minum  yang mengandung kalori. Hanya boleh mengonsumsi air putih
-          Pasien tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan sebelum dilakukan pengambilan sampel
Pasien disarankan untuk menampung air seni setelah membuang sebagian kecil air seninya di awal. Artinya,  aliran air seni yang pertamakali dikeluarkan tidak ditampung dalam wadah. ”Sampel yang ditampung adalah aliran air seni berikutnya dan aliran air seni terakhir juga sebaiknya tidak ditampung. Membuang aliran air seni di awal dan akhir tersebut bertujuan untuk membilas saluran kencing.  Harapannya,  agar sampel air seni yang diperoleh dari aliran tengah tersebut dapat benar-benar mewakili kondisi air seni pasien yang seharusnya diperiksa. Waktu pengambilan sampel urine yang baik adalah urine pagi setelah bangun tidur.
Sampel-sampel yang sudah diambil akan segera diproses melalui beberapa tahapan, praanalitik, analitik, pascaanalitik.
-          Tahap praanalitik,  sebenarnya sudah dimulai dari  sebelum  pasien  datang ke laboratorium seperti persiapan pasien, proses pengambilan sampel, pemberian  identitas sampel, pemisahan sampel, transportasi sampel ke tempat pemeriksaan dan penyimpanan sampel jika pemeriksaan harus ditunda.
-          Tahap analitik meliputi semua proses selama sampel diperiksa yang nantinya akan melibatkan  alat pemeriksaan, jenis metode pemeriksaan, kalibrasi alat, reagen dan quality control.
-          Tahap pascaanalitik menyangkut cara pelaporan hasil-hasil laboratorium.

        Pengujian  (makroskopik)   

a.    Warna Urine
Warna urine ditentukan oleh besarnya diuresis. Makin besar dieresis, makin muda warna urine itu. Biasanya warna normal urine berkisar antara kuning muda dan kuning tua. Warna itu disebabkan oleh beberapa macam zat warna, terutama urochrom dan urobilin.
Jika didapat warna abnormal disebabkan oleh zat warna yang dalam keadaan normalpun ada, tetapi sekarang ada dalam jumlah besar. Kemungkinan adanya zat warna abnormal, berupa hasil metabolism abnormal, tetapi mungkin jugaberasal dari suatu jenis makanan atau obat-obatan. Beberapa keadaan warna urine mungkin baru berubah setelah dibiarkan.

a.       Tujuan       : Untuk mengetahui kelainan klinik dengan menentukan warna urine
b.      Prinsip       :
Warna urine ditentukan oleh besarnya diuresis, maka besar dieresis makin muda warna urine tersebut. Warna urine disebabkan oleh urochrome.
c.       Alat           :
-          Tabung reaksi
-          Rak tabung
d.      Sampel      :
-          Urine
e.       Prosedur    :          
-          Mengisi tabung reaksi dengan 2/3 urine
-          Mengamati dalam sikap serong



b.   Kejernihan
Cara menguji kejernihan sama seperti menguji warna yaitu jernih, agak keruh, keruh atau sangat keruh. Tidak semua macam kekeruhan bersifat abnormal. Urine normalpun akan menjadi agak keruh jika dibiarkan atau didinginkan. Kekeruhan ringn disebut nubecula dan terjadi dari lender, sel-sel epitel dan leukosit yang lambat  laun mengendap.
Sebab-sebab urine keruh dari mula-mula:
a)      Fosfat amorf dan karbonat dalam juml;ah besar. mungkin terjadi sesudah orang makan banyak.
b)      Bakteri
c)       Unsur sedimen dalam jumlah besar, seperti eritrosit, leukosit dan sel epitel.
d)      Cylus dan lemak
e)        Benda-benda koloid
Sebab –sebab urine keruh menjadi keruh setelah dibiarkan :
a)      Nubecula
b)      Urat-urat amorf
c)       Fosfat amorf dan karbonat
d)      Bakteri

a.       Tujuan       :Untuk mengetahui kelainan klinik dengan menentukan kejernihan urine.
b.      Prinsip       :
Untuk menggambarkan rupa urine harus dilakukan secepatnya setelah urine dikeluarkan dengan cahaya tembus. Kejernihan urine dinyatan jernih atau keruh.
c.       Alat           :
-          Tabung reaksi
-          Rak tabung
d.      Sampel      :Urine
e.       Prosedur    :
-          Mengisi tabung reaksi dengan 2/3 urine
-          Mengamati dalam sikap serong

c.       Bau
Bau urine yang normal disebabkan untuk sebagaian oleh asam-asam organic yang mudah menguap. Bau yang berlainan dari yang normal.


a.       Tujuan       : Untuk mengetahui kelainan klinik dengan menentukan bau urine
b.      Prinsip       :
Bau urine barasal dari sebagian oleh asam-asam organic yang mudah menguap
c.       Alat           :
-          Tabung reaksi
-          Rak tabung
d.      Sampel      :Urine
e.       Prosedur    :
-          Mengisi tabung reaksi dengan 2/3 urine
-          Bau urine tersebut dengan indra pencium

d.         pH
pH tidak banyak berarti dalam pemeriksaan penyaring. Akan tetapi pada gangguan keseimbangan asam-basa penetapan itu memberi kesan tentang keadaan dalam tubuh, apalagi jika disertai penetapan jumlah asam yang diekskresikan dalam waktu tertentu, jumlah ion NH4.
Selain pada keadaan tadi pemeriksaan Ph urine segar dapat member petujnjuk kearah infeksi saluran kemih. Infeksi oleh E. coli biasanya menghasilkan urine asam, sedangkan infeksi oleh Proteus yang merombak ureum menjadi amoniak menyebabkan urine menjadi basa.
a.       Tujuan       : Mengetahui petunjuk ke arah etiologi pada infeksi kencing
b.      Prinsip       :
Sepotong kertas isap terdapat 1 sampel 2 macam indicator, biasanya methyl red dan bromtimol blue. Perubahan warna kedua indicator bersama menyebabkan warna pada kertas yang mengandung indicator dalam keadaan kering berubah antara pH 5 dan pH 9 dari jingga melalui hijau sampai biru.
c.       Alat           :
-          Tabung reaksi
-          Indicator universal
d.      Sampel      : Urine
e.       Prosedur    :
-          Mengisi tabung reaksi dengan 2/3 urine
-       Mencelupkan kertas indicator pada urine, kemudian mencocokkan dengan skala warna pembanding.

         Pengujian (kimia):
-         Ureum
       Ureum merupakan hasil metabolisme protein,ureum di bentuk dari amonia dalam hati dan di ekskresi oleh ginjal. Kadar normal: 10,0 – 50,0 mg/dl
-         Asam urat
 Asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Kadar normal: Laki-laki 3,4 – 7,0 mg/dl,dan  perempuan 2,4 – 5,7 mg/dl.


c.  Cairan Serebrospinal
Sampel diperoleh melalui pungsi lumbal dengan jarum dan Anda perlu protokol untuk total aseptis untuk pengadaan.
           Pengujian :
Warna
Cairan serebrospinal normal tidak berwarna. Adanya warna pada cairan ini biasanya menunjukkan hal abnormal.
a.       Xantokrom (kekuningan): perdarahan subarakhnoid, meningitis tuberkulosis, dan neonatus normal.
b.      Kuning: hiperbilirubinemia, hemolisis.
c.       Oranye: hiperkarotenemia, hemolisis.
d.      Merah muda: hemolisis.
e.       Hijau: hiperbilirubinemia, meningitis bakterial.
f.       Coklat: meningitis melanomatosis.
Hitung sel
Cairan serebrospinal normal hanya mengandung 0-5 leukosit/mm3.
Pada pasien meningitis purulen (bakterial), dapat ditemukan jumlah sel lebih dari 100-1000 leukosit/mm3. Jumlah sel lebih dari normal, tapi kurang dari 100, dapat ditemukan pada meningitis viral. Penyebab jumlah sel di cairan serebrospinal meningkat selain infeksi antara lain penyakit keganasan, perdarahan intraserebral, dan setelah serangan kejang.
Dominasi sel netrofil atau sel polimorfonuklear (PMN) dapat ditemukan pada meningitis bakterial stadium awal. Dominasi eosinofil cukup sering berkaitan dengan meningitis atau ensefalitis oleh parasit. Sedangkan dominasi limfosit-monosit (mononuklear / MN) ditemukan pada meningitis viral, tuberkulosis, atau fungal.
Protein
Protein pada cairan serebrospinal normal mengandung 18-58 mg/dL protein.
Peningkatan protein dapat terjadi akibat infeksi, perdarahan, multiple sclerosis, dan keganasan. Sedangkan protein yang rendah mungkin ditemukan pada bayi atau anak berusia di bawah 2 tahun dan pada intoksikasi air. Hipoproteinemia atau hipoalbuminemia tidak menyebabkan protein cairan serebrospinal menurun.
Glukosa
Glukosa pada cairan serebrospinal biasanya sama dengan 2/3 kali glukosa darah orang yang bersangkutan 2-4 jam sebelumnya.
Satu-satunya penyebab peningkatan glukosa pada cairan serebrospinal adalah diabetes melitus. Namun glukosa cairan dalam kasus ini tidak pernah melebihi 300 mg/dL.
Penurunan glukosa cairan serebrospinal biasanya disebabkan infeksi. Infeksi bakteri menyebabkan glukosa turun sampai sangat rendah, namun infeksi virus yang hanya menyebabkan glukosa turun sedikit. Pemeriksaan ini tidak selalu sensitif menyingkirkan infeksi karena 50% pasien meningitis menunjukkan kadar glukosa cairan serebrospinal normal.
Kultur
Untuk menyingkirkan atau mengkonfirmasi diagnosis infeksi, baik ensefalitis maupun meningitis, dapat dilakukan kultur cairan serebrospinal terhadap beberapa mikroorganisme. Mikroorganisme yang dimaksud antara lain pneumococcus, meningococcus, Haemophilus influenza (bakteri), Enterovirus (virus), Mycobacterium tuberculosis (tuberkulosis), dan Cryptococcus neoformans (fungal). Dalam kasus tertentu mungkin juga perlu diperiksa kemungkinan toksoplasmosis.
Selain pemeriksaan rutin di atas, kadang juga diperiksa uji aglutinasi lateks untuk Haemophilus influenza dan PCR (polymerase chain reaction). Aglutinasi lateks merupakan uji antigen-antibodi yang bermanfaat pada kasus meningitis Haemophilus yang sudah mendapat pengobatan sebagian; karena pemeriksaan kultur pada kasus ini mungkin memberi hasil negatif. Sedangkan PCR merupakan pemeriksaan paling sensitif untuk berbagai jenis penyebab infeksi sistem saraf pusat, namun biayanya masih cukup tinggi dan belum tersedia di seluruh laboratorium.




BAB III
KESIMPULAN

Dalam melakukan pemeriksaan kilinik beberapa hal yang perlu diketahui seorang pasien adalah tujuan melakukan pemeriksaan  laboratorium, jenis pemeriksaan laboratorium apa yang akan dilakukan, jenis sampel yang akan diperiksa (darah, urine, feses atau cairan tubuh yang lain), persiapan yang harus dilakukan sebelum pengambilan sampel, waktu pengambilan sampel yang baik (pagi, siang, malam) agar diperoleh hasil laboratorium yang valid.
Pemeriksaan satu jenis uji laboratorium tidak akan mampu mengetahui semua jenis penyakit. Justru,   satu jenis penyakit bisa memerlukan beberapa jenis pemeriksaan laboratorium, misalnya, untuk penyakit hati/liver, pemeriksaan laboratorium  yang dibutuhkan cukup banyak seperti : albumin, SGOT, SGPT, ALP, gamma GT, HBsAg, Anti-HCV, bilirubin.










1 komentar:

  1. izin bertanya, daftar pustaka nya dapat darimana ya kak? terimakasih sebelumnya blognya sangat bermanfaat^^

    BalasHapus